Ini adalah masalah penting bagi kaum wanita.
Bagaimana seorang wanita dapat mengetahui bahwa ia telah suci dari haid?
Jawabannya, wanita dapat mengetahui hal itu dengan salah satu dari dua tanda.
Tanda yang pertama adalah keluarnya cairan putih.
Yaitu cairan putih yang keluar dari wanita pada akhir haid yang dikenali kaum wanita.
Namun cairan putih ini tidak keluar dari semua wanita.
Banyak wanita yang tidak mengeluarkan cairan putih ini.
Ada juga sebagian wanita yang cairan putihnya keluar tidak menentu atau sangat terlambat,
sehingga cairan ini tidak dapat dijadikan patokan.
Namun ada banyak wanita yang di akhir waktu haidnya terbiasa keluar cairan putih darinya.
Ini adalah tanda jelas yang menunjukkan berakhirnya waktu haid.
Tanda kedua, jika seorang wanita tidak mengeluarkan cairan putih,
maka ia berpindah ke tanda kedua, yaitu berhenti keluarnya darah selama sehari semalam,
karena berhentinya darah kurang dari masa tenggat itu
adalah perkara biasa di kalangan wanita haid,
dan karena jika kita anggap berhentinya darah kurang dari sehari semalam sebagai tanda suci,
maka akan membuat masa haid tidak menentu,
seperti pendapat al-Muwaffaq (Ibnu Qudamah) rahimahullah,
karena wanita yang haid tidak mengeluarkan darah terus-menerus.
Namun terkadang darahnya keluar dan terkadang terhenti, satu jam keluar dan satu jam terhenti.
Terhentinya darah satu jam, dua jam, lima jam, enam jam,
atau semisalnya, tidak termasuk keadaan suci.
Namun jika telah kering dan darah terhenti selama sehari semalam, atau lebih,
maka ini dianggap telah suci.
Kecuali jika seorang wanita telah terbiasa darahnya terhenti dalam waktu tertentu,
maka ia dapat bersandar pada kebiasaan ini.
Sebagai contoh, seandainya ada wanita yang di akhir hari ketujuh haidnya selesai,
dan ia telah terbiasa seperti itu,
maka ia dapat bersandar pada kebiasaan ini, pada akhir hari ketujuh ia dianggap telah suci.
Adapun jika seorang wanita tidak punya kebiasaan yang jelas,
maka kita katakan kepada wanita ini, tunggulah hingga darah berhenti sehari semalam.
Jika darah telah kering sehari semalam, atau lebih,
maka ini telah dianggap suci.
Baik, apakah ia harus mengqada salat sehari semalam ini? Tidak perlu mengqada
Tidak perlu mengqada, karena sehari semalam itu termasuk waktu haid.
Ya. Ya.
Berubahnya warna darah tidak berpengaruh di sini.
Bahkan jika keluar cairan yang bersambung dengan darah haid, maka ia seperti darah haid.
Karena terkadang warna darah haid berubah pada wanita; darah di awal haid berbeda dengan darah di tengah dan akhir haid.
Terkadang juga ada cairan-cairan yang menyelingi darah haid.
Ini semua termasuk haid.
Cairan-cairan yang keluar di masa haid hukumnya sama dengan haid.
Demikian juga cairan-cairan yang keluar sebelum atau sesudah haid, tapi bersambung dengan darah haid,
maka hukumnya sama dengan haid.
Demikian.
=====
هَذِهِ الْمَسْأَلَةُ مَسْأَلَةٌ مُهِمَّةٌ لِلنِّسَاءِ
كَيْفَ تَعْرِفُ الْمَرْأَةُ أَنَّهَا طَهَرَتْ مِنَ الْحَيْضِ؟
الْجَوَابُ تَعْرِفُ ذَلِكَ بِإِحْدَى عَلَامَتَيْنِ
الْعَلَامَةُ الْأُولَى الْقَصَّةُ الْبَيْضَاءُ
وَهُوَ سَائِلٌ أَبْيَضُ يَخْرُجُ مِنَ الْمَرْأَةِ عَنْدَ انْتِهَاءِ الْحَيْضِ تَعْرِفُهُ النِّسَاءُ
وَلَكِنَّ هَذِهِ الْقَصَّةَ الْبَيْضَاءَ لَا تَخْرُجُ مِنْ جَمِيعِ النِّسَاءِ
فَكَثِيرٌ مِنَ النِّسَاءِ لَا تَخْرُجُ مِنْهُنَّ الْقَصَّةُ الْبَيْضَاءُ
وَأَيْضًا بَعْضُ النِّسَاءِ تَخْرُجُ مِنْهُنَّ قَصَّةٌ بَيْضَاءُ مُضْطَرِبَةٌ أَوْ مُتَأَخِّرَةٌ كَثِيرًا
فَلَا يُعْتَمَدُ عَلَيْهَا حِينَئِذٍ
لَكِنْ يُوجَدُ شَرِيحَةٌ مِنَ النِّسَاءِ اعْتَادَتْ عَلَى أَنَّهَا عِنْدَ نِهَايَةِ الْحَيْضِ تَخْرُجُ مِنْهَا الْقَصَّةُ الْبَيْضَاءُ
فَهَذِهِ عَلَامَةٌ ظَاهِرَةٌ عَلَى انْتِهَاءِ مُدَّةِ الْحَيْضِ
الْعَلَامَةُ الثَّانِيَةُ إِذَا لَمْ يَكُنْ عِنْدَ الْمَرْأَةِ الْقَصَّةُ الْبَيْضَاءُ
تَنْتَقِلُ الْعَلَامَةَ الثَّانِيَةَ وَهِيَ انْقِطَاعُ الدَّمِ يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ
لِأَنَّ انْقِطَاعَ الدَّمِ أَقَلُّ مِنْ ذَلِكَ
أَمْرٌ مُعْتَادٌ عِنْدَ النِّسَاءِ
وَلِأَنَّنَا لَوِ اعْتَبَرْنَا انْقِطَاعَ الدَّمِ أَقَلَّ مِنْ ذَلِكَ طُهْرًا
لَأَفْضَى إِلَى عَدَمِ اسْتِقْرَارِ الْحَيْضِ
كَمَا قَالَ الْمُوَفَّقُ رَحِمَهُ اللهُ
فَإِنَّ الْمَرْأَةَ الْحَائِضَ لَا يَخْرُجُ مِنْهَا الدَّمُ بِصِفَةٍ مُسْتَمِرَّةٍ
وَإِنَّمَا يَخْرُجُ تَارَةً وَيَنْقَطِعُ تَارَةً يَخْرُجُ سَاعَةً وَيَنْقَطِعُ سَاعَةً
فَهَذَا الْاِنْقِطَاعُ سَاعَةً أَوْ سَاعَتَيْنِ أَوْ خَمْسَ سَاعَاتٍ أَوْ سِتَّ سَاعَاتٍ
أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ هَذَا لَا يُعْتَبَرُ طُهْرًا
وَإِنَّمَا إِذَا اسْتَمَرَّ الْجَفَافُ وَانْقِطَاعُ الدَّمِ يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ فَأَكْثَرُ
فَهَذَا يُعْتَبَرُ طُهْرًا
إِلَّا إِذَا كَانَتِ الْمَرْأَةُ قَدِ اعْتَادَتْ انْقِطَاعَ الدَّمِ فِي وَقْتٍ مُعَيَّنٍ
فَتَعْتَمِدُ عَلَى هَذِهِ الْعَادَةِ
فَمَثَلًا لَوْ كَانَتِ الْمَرْأَةُ فِي نِهَايَةِ الْيَوْمِ السَّابِعِ يَنْقَضِي الْحَيْضُ عِنْدَهَا
وَاعْتَادَتْ عَلَى ذَلِكَ
تَعْتمِدُ عَلَى هَذِهِ الْعَادَةِ نِهَايَةُ الْيَوْمِ السَّابِعِ تَعْتَبِرُهُ طُهْرًا
أَمَّا إِذَا مَا كَانَ لَهَا عَادَةٌ وَاضِحَةٌ
فَهُنَا نَقُولُ لِلْمَرْأَةِ انْتَظِرِي يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ
فَإِذَا حَصَلَ الْجَفَافُ يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ فَأَكْثَرُ
فَيُعْتَبَرُ هَذَا طُهْرًا
طَيِّبٌ هَلْ تَقْضِي الصَّلَوَاتِ هَذِهِ الْيَوْمُ وَاللَّيْلَةُ؟ لَا مَا تَقْضِي
مَا تَقْضِي هَذِهِ تَابِعَةٌ لِلْحَيْضِ
نَعَم نَعَم
حَتَّى تَغَيَّرَ لَوْنُ الدَّمِ لَا يُؤَثِّرُ هُنَا
بَلْ حَتَّى لَوْ كَانَ فِيهِ إِفْرَازَاتٌ مُتَّصِلَةٌ بِالْحَيْضِ تَأْخُذُ حُكْمَ الْحَيْضِ
لِأَنَّ لَوْنَ الدَّمِ قَدْ يَتَغَيَّرُ عِنْدَ الْمَرْأَةِ يَكُونُ فِي أَوَّلِهِ يَخْتَلِفُ عَنْ وَسَطِهِ عَنْ آخِرِهِ
وَأَحْيَانًا يَكُونُ فِيهِ إِفْرازَاتٌ تَتَخَلَّلُ أَيْضًا الْحَيْضَ
هَذِهِ كُلُّهَا تُعْتَبَرُ حَيْضًا
وَالْإِفْرَازَاتُ دَاخِلٌ يَعْنِي وَقْتَ الدَّوْرَةِ تَأْخُذُ حُكْمَ الدَّوْرَةِ
وَأَيْضًا إِفْرازَاتٌ قَبْلَ الْحَيْضِ أَوْ بَعْدَهُ مُتَّصِلَةٌ بِالْحَيْضِ
تَأْخُذُ حُكْمَ الْحَيْضِ نَعَم